Home » Disease » Pertolongan Pertama Saat Diare

Pertolongan Pertama Saat Diare

Font size: Decrease font Enlarge font

Infeksi perut karena bakteri dalam makanan, stres, keracunan, mengasup makanan yang tidak “sejalan” dengan perut, sehingga perut kaget, atau konsumsi antibiotika, seperti dikutip majalah Good Health, dapat menyebabkan diare. Meski demikian, diare biasanya akan menyembuh sendiri dalam waktu 24-48 jam.

Bila diare terjadi karena makanan, serangan juga akan cepat berhenti bila kita menghindari makanan yang kita konsumsi sebelumnya. Namun, kita harus segera menjumpai dokter bila keluhan diare menetap sampai lebih dari dua hari, atau sering kambuh.

Waspadai diare pada bayi dan orang lanjut usia (lansia). Diare pada bayi dan lansia bisa menyebabkan mereka masuk dalam kondisi dehidrasi.

Berikut cara pertolongan pertama bila diare:

Selama serangan

• Penuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Sangatlah penting untuk tetap minum agar tubuh tidak dehidrasi. Cairan bisa dalam bentuk teh pahit atau sup.

Anda juga bisa mencoba minum oralit yang bisa dibeli di apotek atau membuat sendiri cairan gula-garam. Oralit akan segera menggantikan mineral penting dalam tubuh yang pasti hilang karena diare.

• Hindari makanan pedas, makanan bersantan, makanan asam, dan minuman ringan berkarbonasi, kopi, juga aneka produk susu.

Setelah diare mereda

* Konsumsi makanan padat secara bertahap. Mulailah dengan makanan yang mudah dicerna, seperti nasi, kraker, atau roti panggang.


* Untuk sementara waktu, jauhi buah dan jus buah, makanan berlemak, dan aneka produk susu, termasuk keju, sampai urusan ke belakang kembali normal.

Skycrapers 1 (160x600)

 Ada Komentar


Centre 2 (468x60)
Centre 3 (468x60)

BACA SELANJUTNYA