Home » Training » Latihan ala Prajurit Navy Seal

Latihan ala Prajurit Navy Seal

TRX awalnya adalah latihan untuk prajurit Navy Seal/Shutterstock
Font size: Decrease font Enlarge font

Prajurit Amerika Serikat yang perkasa harus tetap berlatih dengan segala keterbatasan di medan perang. Latihan ala prajurit Navy Seal yang terkenal itu kini bisa ditiru orang kebanyakan di seluruh dunia. Manfaatnya lebih komplit dari latihan biasa.

Keterbatasan waktu dan tempat bukan halangan untuk tetap fit. Ini sudah dibuktikan oleh prajurit Navy Seal saat dikirim berperang di seluruh dunia. Saat berada di medan perang, mereka menciptakan sendiri gerakan-gerakan yang melatih seluruh tubuh mereka. Termasuk bagian-bagian yang jarang tersentuh saat latihan di gym.


Para prajurit ini memanfaatkan tali-tali yang ada di peralatan perang. Tali itu kemudian disangkutkan di kendaraan baja. Bermodal dari tali yang bisa disangkutkan di mana saja itu, kebugaran mereka bisa terus terjaga di medan perang.


Latihan ala prajurit Navy Seal itu kemudian dicontek oleh para atlet professional di Amerika Serikat. Sekarang latihan ini ditiru orang kebanyakan di gym. Latihan itu diberi nama TRX Suspension Training. Latihan ini hanya bermodal tali kuat yang bisa disangkutkan di mana saja.


Meskipun dulu merupakan latihan untuk prajurit, latihan ini tidak selalu berat. Bisa disesuaikan dengan tingkat kebugaran masing-masing.


Latihan dengan tali ini berbeda dengan latihan beban biasa yang memberi beban saat otot memendek atau berkontraksi. Latihan TRX ini memberi beban saat otot memanjang. Kita jarang melatih kekuatan otot saat memanjang. Padahal dalam kegiatan sehari-hari kita perlu menahan beban saat otot memanjang. Misalnya, saat bergelantungan di pohon atau jatuh tergelincir.


Agar hasilnya maksimal dan terhindar dari cedera, hendaknya latihan ini diawasi oleh pelatih yang bersertifikat. Hindari pula untuk menggunakan tali yang palsu atau sembarang tali karena sembarang tali tidak cukup kuat menahan beban tubuh kita. Risikonya, tubuh terjatuh saat berlatih. Ini sangat membahayakan tubuh.

Skycrapers 1 (160x600)

 Ada Komentar


Centre 2 (468x60)
Centre 3 (468x60)

BACA SELANJUTNYA