Fakta

Bahaya !! Cegah Bila Anda Melihat Ada yang Bercanda SKIP Challenge yang Lagi Tren Ini Ancaman Nyawa Hilang dan Bodoh Permanen !!

Hai , |

Akhir-akhir ini , sedang heboh skip challenge dan pass out challenge , di mana seseorang sengaja ditahan untuk tidak bernapas dalam waktu beberapa detik. Di balik tantangan tersebut , dokter mengingatkan risiko yang bisa terjadi.

Bahaya !! Cegah Bila Anda Melihat Ada yang Bercanda SKIP Challenge yang Lagi Tren Ini , Ancaman Nyawa Hilang dan Bodoh Permanen !!
Dijelaskan dr Nastiti Kaswandani SpA(K) , Ketua UKK Respirologi PP IDAI , pada prinsipnya ketika dada seseorang ditekan hingga tidak bisa bernapas , itu ialah upaya untuk membuat fatwa oksigen ke terusan napas terhambat.
“Orang itu dalam kondisi kekurangan oksigen atau hipoksia , itu berbahaya. Kaprikornus orang itu bisa berada dalam kondisi hipoksi hanya sekian detik saja ,” kata dr Nastiti kepada wartawan , Jumat (10/3/2017).
Jika seseorang kekurangan oksigen dalam waktu lama , ada sel-sel yang kekurangan oksigen , rusak , dan tidak bisa diperbaiki. Contohnya sel otak.
“Jadi sangat tidak direkomendasikanlah melaksanakan hal-hal mirip itu ,” ujar dr Nastiti.
Ketika pasokan oksigen ke sel-sel otak berkurang terutama kalau jangkauannya cukup
luas , bisa menyebabkan gejala mirip stroke. Atau yang paling terang potensinya , kata dr Nastiti yakni kemampuan kognitif yang bersangkutan bisa terganggu.
Ketika seseorang mirip kejang setelah ia tak bisa bernapas , menurut dr Nastiti itu bisa terjadi alasannya ialah lagi-lagi , tubuh kekurangan oksigen. Terlebih , dalam kondisi kejang maka fatwa darah yang mengandung oksigen , ke otak pun akan terhambat.
“Kalau setelah melaksanakan itu dia bisa bangun lagi dan segar lagi , itu berarti sengaja dibikin kekurangan oksigen dalam waktu tidak terlalu lama. Sama dengan kalau kita nahan napas ketika nyelam , setelah kita ke permukaan air kan tubuh jadi terasa enak ,” tambah dr Nastiti.
Namun , ia menegaskan untuk tidak ikut-ikut tantangan mirip ini. Sebab , kalau kebablasan , potensi kekurangan oksigen lebih banyak hingga lebih banyak sel yang rusak pun lebih besar.
Dalam beberapa tayangan di Youtube , sebelum melaksanakan skip challenge ini , seseorang diminta menarik napas lewat hidung dan mengeluarkannya lewat verbal selama beberapa kali. Di tarikan napas ke sekian , orang ini harus menahan napas sambil menekan dadanya. Tak berhenti hingga di situ , si temannya akan menambah tekanan di dada orang tersebut.
Si orang yang menahan napas pun pingsan , kejang sesaat kemudian kembali ‘siuman’.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker