Dapur

Nostalgia Bikin Brownies Kukus Ala Ny. Liem Topping Ganache Ekonomis Yang Nyoklat Banget Ini Yuk

Hai , |

Kenapa saya menunjukkan judul postinagn kali ini nostalgia kudapan manis brownies kukus? alasannya dulu saya hampir setiap hari membuat browkus alias kudapan manis brownies kukus. ketika saya masih aktif mendapatkan pesanan via Dapur Nays , dan alhamdulillah browkus ini menjadi salah satu varian yang paling best seller. Teksturnya yang sangat lembut dan rasa coklatnya yang kuat membuat kudapan manis brownies kukus ini banyak penggemarnya , selain itu customer juga mampu memilih topping dengan aneka varian.

Nostalgia Bikin Brownies Kukus Ala Ny. Liem Topping Ganache Ekonomis Yang Nyoklat Banget Ini Yuk
Brownies Kukus Ny. Liem ini selain menjadi favorit customer , semua anggota keluargaku di rumah juga sangat menyukainya. Sampai saya heran alasannya gak ada bosen-bosennya memakan browkus , perasaan waktu itu saya seriing banget bikin. Setelah Dapur Nays off , saya jarang banget membuat browkus.
Dan sekarang saya kangen sudah lama tidak bikin browkus , hasilnya ketika ada waktu luang saya sempatkan untuk membuat browkus , dengan resep brownies andalan yang saya pakai dikala jualan dulu , ialah Resep Brownies Kukus Ny. Liem. Sepertinya resep browkus ny.liem ini memang sangat cocok jadi resep andalan buat jualan. Simak yuk resepnya di bwah ini:
Resep Brownies Kukus Ala Ny. Liem
Bahan – Bahan
  • Telur 6 butir
  • Gula pasir 225 gram
  • Emulsifier 1/2 sendok teh
  • Tepung terigu 125 gram
  • Coklat abu 50 gram
  • Minyak sayur 175 gram
  • DCC/Cokelat batangan kualitas indah cincang dan lelehkan 100 gram
  • SKM/Susu kental manis cokelat optional 75 gram

Cara Membuat Brownies Kukus Ny. Liem
  1. Panaskan dandang untuk kukusan dan persiapkan 2 buah loyang ukuran 30×10 cm (loyang brownies panjang) atau loyang 20×20 cm , lalu olesi dengan minyak/margarin , kemudian alasi dengan kertas roti dan olesi lagi , sisihkan.
  2. Campurkan 125 gram tepung terigu dengan 50 gram coklat abu , lalu ayak dan sisihkan.
  3. Kocok 6 butir telur , dengan 225 gram gula pasir dan 1/2 sendok teh emulsifier hingga mengembang dan kental , lalu
  4. masukkan campuran tepung terigu dan coklat abu tadi , aduk hingga rata atau dikocok pakai mixer kecepatan rendah.
  5. Campurkan 175 gram minyak sayur dengan DCC yang sudaj di lelehkan lalu masukkan ke dalam adonan dan aduk balik pakai spatula hingga tercampur rata.
  6. Ambil adonan sedikit , kira-kira 75 gram , lalu campurkan dengan 75 gram SKM dan aduk rata.
  7. Tuangkan separuh adonan ke dalam loyang , lalu kukus selama 10-15 menit , kemudian buka kukusan dan tuangkan adonan yang sudah di campur SKM dan kukus kembali selama 5 menit , terakhir tuangkan sisa adonan dan kukus lagi hingga matang. Sebelum di angkat lakukan test tusuk dulu bund ya.
  8. Setelah kudapan manis matang segera angkat dan balikkan dari loyangnya , biarkan masbodoh , baru di beri topping sesuai selera.

Catatan :
1. Apabila bunda pakai kukusan biasa , jangan lupa untuk membungkus tutup kukusan dengan serbet bersih supaya uap airnya tidak jatuh ke browkus , dan apabila bunda pakai klakat yang tutupnya berbentuk limas , tidak perlu di bungkus serbet tidak apa-apa.
2. Ketika mengukus browkus , gunakan api sedang , kalo saya pakai api sedang cenderung kecil alasannya apabila menggunakan api yang besar , nanti permukaan browkus akan bergelombang. Memang jikalau pakai api sedang cenderung kecil , proses matangnya akan lebih lama , tetapi permukaan browkusnya mampu rata
.
3. SKM mampu bunda skip alasannya itu fungsinya hanya untuk membuat lapisan tipis coklat di tengah saja , dan lapisan ini mampu bunda ganti dengan keju slice , itu uenaaaak banget deh.
Kali ini saya pakai topping ganache ekonomis. Kenapa di sebut ekonomis alasannya ganache ini tidak memakai whipcream sama sekali hehehe…. bisa-bisa diprotes sama chef Prancis nih yaa , alasannya pakemnya ganache memang harus pakai whipcream , tapi walaupun versi ekonomis , rasanya enak juga kok bund , lumayan laah. Bahannya cukup simple hanya susu cair , DCC dan madu atau unsalted butter , saya biasanya pakai perbandingan susu cair dengan DCC  1:2.
Chocolate Glaze/Ganache Ekonomis
Bahan – Bahan
  • Susu cair 100 ml
  • DCC cincang 200 gram
  • Madu / unsalted butter 2 sendok makan

Cara Membuat Chocolate Glaze/Ganache Ekonomis
  1. Panaskan 100 ml susu , tidak usah hingga mendidih , cukup hingga timbul gelembung-gelembung di tepi panci saja dan matikan api.
  2. Masukkan 200 gram DCC yang sudah dicincang , lalu aduk hingga DCC leleh dan teksturnya lembut , kemudian masukkan 2 sendok makan madu atau unsated butter. Aduk rata.
  3. Ganache Ekonomis siap bunda gunakan.
Alhamdulillah browkus ini masih tetap di sukai keluargaku. Pokoknya Sukaaa banget deh alasannya rasanya enak , lembut dan nyoklat banget. yuk untuk bunda yang sudah lama tidak bikin browkus , kita bernostalgia ria bikin lagi untuk keluarga tercinta hehehe
Selamat mencoba!

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker