Dapur

Waah Siap-Siap Ngiler Nihh !! 6 Resep yang Mudah Dari Telur Ini Bikin Tambah Selera Makan !! Kamu Mau Coba ??

Hai , |

Nggak cuma anak kost yang mungkin bosan dengan olahan telur ceplok atau dadar saja. Anak rumahan pun mungkin mencicipi hal yang sama. Tapi , untuk mencari alternatif olahan telur yang lain , kadang susah — atau mungkin resep yang ada nggak sesuai sama selera dan bahan-bahan yang tersedia di dapur. Nah , kali ini Hipwee coba untuk membantu kalian yang mencicipi “dilema” ini. Hehehehe. Tanpa perlu ribet dan butuh bahan-bahan yang susah , kalian udah mampu kok bikin aneka olahan dari telur ayam yang nggak biasa ini! Siap-siap ngiler ya…

Waah Siap-Siap Ngiler Nihh !! 6 Resep yang Mudah Dari Telur Ini Bikin Tambah Selera Makan !! Kamu Mau Coba ??
1. Telur Kukus Sayuran. Alternatif olahan telur yang satu ini murah dan sehat alasannya minim minyak.
Nggak mustahil kok kalau kau anak kost dan kau berniat diet. Nah , untuk permulaan , kau mampu bikin telur kukus sayuran ini untuk makan siang atau sarapanmu. Nggak cuma enak dan gurih , telur kukus sayuran ini sehat banget! Bahan-bahan yang kau butuhkan , mirip 8 butir telur ayam , 2 batang wortel (serut) , 1 buah jagung manis (sisir) , 3 batang daun bawang , 10 siung bawang merah , 10 butir bakso , 2 buah sosis dan untuk bumbunya kau butuh lada , garam dan kaldu bubuk secukupnya. Gini nih cara bikinnya :
  1. Campur irisan bawang , bakso , sosis , wortel , jagung dan daun bawang kedalam aluminum foil berukuran standart atau mangkuk tahan panas
  2. kocok telur ayam hingga rata
  3. Campurkan kocokan telur dengan sayur-sayuran yang telah dicampur tadi serta lada , garam dan kaldu bubuk secukupnya pada aluminum foil atau mangkok tahan panas tadi
  4. Panaskan kukusan hingga mendidih
  5. Maukan campuran bahan-bahan yang sudah lengkap , kukus selama 10 menit
  6. Sajikan selagi hangat.
  7. Kan nggak mungkin kalian masak telur kukus ini cuma satu buah , sebaiknya bikin 4-5 buah untuk dibagikan ke teman-teman kostmu ya!
2. Kamu justru suka ngemil? Masak telur krispi yang renyah ini aja , yuk!
“Pengen banget nih ngemil , tapi di kost’an cuma ada telur doang , masa’ sih ngemil telur ceplok? Gimana ya?”
Nggak usah galau , kalau kau pengen ngemil dan cuma ada telur ayam yang menghiasi piringmu di kamar , kau mampu kok bikin telur krispi ini. Kamu cuma butuh tepung terigu 1 gelas , 2 sendok makan tepung maizena , 2 butir telur ayam , penyedap rasa , air dan minyak untuk menggoreng secukupnya. Nggak hingga 10 ribu ya buat beli bumbunya. Nah , ini cara masaknya:
Kocok dan dadar telur ayam yang telah diberi sedikit penyedap rasa , iris tipis-tipis telur dadar tersebut
  1. Campur tepung terigu dengan maizena , tambahkan kembali penyedap rasanya
  2. Setelah tercampur , adonan tadi dibagi menjadi 2 bagian
  3. Tambah air pada salah satu adonan tadi , biarkan satunya kering
  4. Masukkan irisan telur pada adonan basah dulu , lalu ulangi ke adonan kering hingga rata
  5. Goreng pada minyak panas hingga berwarna keemasan , lalu tiriskan
  6. Telur krispi siap disajikan dengan saus sambal favorit
Gimana? Mudah kan? Selamat ngemil…
3. Masih seputar cemilan dari telur nih , coba deh bikin roti goreng lapis telur ini.
Untuk olahan telur satu ini , kau butuh 6 lembar roti tawar kulit , 3 butir telur ayam (kocok) , margarin , messes coklat , selai sesuai selera , keju cepat leleh dan minyak untuk menggoreng secukupnya. Cara buatnya pun gampang , ini dia :
  1. Oles tiap satu lembar roti tawar dengan margarin secukupnya
  2. Taburkan pada salah satu lembar roti tawar dengan messes coklat dan keju parutnya. Tangkupkan roti tadi dengan roti lainnya , untuk isian kau mampu oles selai dengan rasa sesuai selera
  3. Kemudian , siapkan mangkuk kecil (seukuran mangkuk sambal) untuk mencetak roti tawar bagian tengahnya
  4. Setelah semua roti telah berbentuk lingkaran dan kulit rotinya juga telah terpisah , celupkan keduanya kedala telur yang telah dikocok
  5. Goreng ke dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan
  6. Kebayang kan gimana enaknya roti tawar dengan messes dan keju yang dicampur telur kocok? Hmmm… pasti enak banget!
4. Kornet nggak melulu untuk campuran nasi goreng , digulung pakai telur dadar pun nggak kalah enaknya.
Kamu yang biasa masak nasi goreng dan kornet sebagai campurannya , coba deh sesekali “ajak” kornetmu ke “dunia” yang berbeda. Padukan kornet yang kau punya dengan telur dadar beserta bumbu-bumbu mirip garam dan kaldu bubuk secukupnya. Jangan lupa siapkan minyak dengan panas sedang juga untuk menggoreng ya. Ini langkah-langkah untuk memasaknya :
  1. Aduk 2 butir telur yang telah dicampur garam dan kaldu bubuk secukupnya , lalu goreng
  2. Kukus kornet di dalam rice cooker selama 40 menit
  3. Dadar telur tadi dan angkat bila sudah matang , tiriskan di piring
  4. Keluarkan kornet kukus tadi , ratakan pada telur dadar tadi dan gulung pelan-pelan lalu potong sesuai selera
Sajikan juga dengan nasi hangat atau saus sambal ya , supaya lebih nikmat.
5. Tofu Egg Roll , selain bikin kenyang juga bikin irit dompet anak kost!
Tofu di sini sebenarnya tahu yang baisa kita temui di pasaran ya , guys! Untuk embel-embel lainnya , kalian cuma butuh 1 buah sosis , 1 butir telur , 1 siung bawang bombay , lada bubuk , garam dan mentega secukupnya. Nggak butuh waktu lama buat memasaknya , ini dia langkah-langkahnya:
  1. Dadar telur tipis dan lebar dengan mentega secukupnya , sisihkan
  2. Lumat tahu , buang airnya.
  3. Tumis irisan bawang bombay dengan mentega hingga harum
  4. Masukkan lumatan tahu tadi , tambahkan lada bubuk dan garam
  5. Tambahkan juga irisan sosis atau sosis utuh juga bisa
  6. Siapkan telur dadar di piring , ratakan adonan tahu tadi , gulung pelan-pelan. Potong sesuai selera
Tahu yang sebenarnya sederhana , mampu jadi makanan mewah , lho buat kalian para anak kost.
6. Kalau kalian pengen sajian dari telur tapi ala-ala restoran Italia , makaroni telur ini mampu jadi pilihanmu!
Mau olahan telur yang nggak mainstream dan ala-ala Italia gitu? Makaroni telur tuh jawabannya. Bahan-bahan yang bakal kalian butuhkan diantaranya ; 100gram makaroni , 3 butir telur ayam , 2 batang keju mozarella dan cheedar , 3 sendok mayonaise , 2 bumbu rasa barbeque , 3 sendok minyak goreng , saus tomat , saus cabai , garam dan 3 sendok margarin. Nggak seribet yang dibayangkan , ini dia cara membuatnya :
  1. Rebus makaroni hingga matang , tiriskan
  2. Campur telur dengan makaroni , tambahkan garam secukupnya
  3. Panaskan wajan , masukkan margarin dan goreng telur hingga matang , aduk-aduk telur di wajan
  4. Masukkan makaroni rebus , keju mozarella , mayonaise , saus sambal , saus tomat dan bumbu barbeque
  5. Tunggu hingga matang , taburkan keju cheedar secukupnya
Oke kan resep olahan makaroni telur ini? cocok banget nih buat nemenin kau mager di kamar pas demam isu hujan mirip sekarang ini.
Makara , masih galau dan galau di kost mau bikin olahan telur jadi makanan enak mirip apa?

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker