Info

WASPADALAH…!!! Siapapun andaMerokok atau Tidak Waspadai 8 Gejala Awal Kanker Paru-paru ini

Hai , |

Kanker paru-paru yaitu salah satu penyakit ganas yang mampu menjadikan kematian. Dikatakan bahwa penyakit ini yaitu penyebab kematian tertinggi di dunia , sekitar 1.560.000 orang di seluruh dunia meninggal karena kanker paru-paru setiap tahunnya.

WASPADALAH...!!! Siapapun anda ,Merokok atau Tidak , Waspadai 8 Gejala Awal Kanker Paru-paru ini
Berdasarkan data dari International Agency for Reasearch on Cancer (IARC) , pada tahun 2012 di Indonesia terdapat 25.322 pasien kanker paru-paru pria dan 9.374 pasien kanker paru-paru wanita. Penyebab utama kanker paru-paru ini yaitu kebiasaan merokok.
80-90% kasus kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Sisanya disebabkan oleh radiasi , polusi udara dan arsenik. Orang yang berusia lanjut juga rentan terkena kanker paru-paru.
Tidak ada gejala atau tanda yang terang ketika kanker paru-paru mulai menimpa seseorang. Namun berikut ini ada 8 tanda tahap awal terjadinya kanker paru-paru yang harus Anda waspadai.
1. Napas yang pendek
Biasanya kita mengalami napas yang pendek kalau kita melaksanakan olahraga mirip berlari. Namun kalau Anda bangun dari tidur dan mengalami napas pendek yang tersengal-sengal , mampu jadi Anda mengalami problem pernapasan yang serius. Napas yang pendek yaitu gejala awal dari kanker paru-paru
2. Merasa kelelahan
Jika Anda mencicipi kelelahan yang luar biasa padahal tidak melaksanakan pekerjaan berat , sampai membuat Anda sulit tidur , sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Kelelahan yaitu salah satu tanda bahwa tubuh telah menggunakan energi cadangan ketika mencoba menyembuhkan diri.
3. Batuk yang terus menerus
Batuk yang terus menerus dan tidak kunjung sembuh meski telah diobati mampu menjadi tanda bahwa anda mengalami gejala awal kanker paru-paru. Batuk yaitu mekanisme tubuh dalam bereaksi ketika sistem pernapasan mengalami masalah.
4. Punggung dan bahu terasa sakit
Perempuan cenderung mengalami kanker paru-paru jenis adenocarcinoma. Kanker jenis ini tumbuh di lapisan terluar paru-paru sehingga menekan tulang rusuk dan punggung. Karenanya anda harus waspada kalau mencicipi sakit di
bagian punggung dan tulang belikat.
5. Suara serak
Kanker pada sistem pernapasan menjadikan pita bunyi menjadi iritasi bahkan infeksi , sehingga membuat bunyi menjadi serak dan gatal. Bila Anda mengalami bunyi serak secara tiba-tiba dan bertahan sampai lebih dari tiga minggu. Segera periksakan tenggorokan dan paru-paru anda ke rumah sakit.
6. Penurunan berat badan
Saat berat tubuh menurun secara drastis padahal tidak sedang melaksanakan diet apapun , maka Anda perlu waspada. Saat tubuh sakit , tubuh akan memperabukan cadangan lemak lebih cepat.
7. Susah menelan
Iritasi dan pembengkakan di susukan pernapasan memang membuat susah menelan. Jika ini terjadi setelah Anda mengalami flu , tentu tak perlu khawatir. Tapi kalau keadaan ini terus berlangsung , Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.
8. Sakit di bagian dada
Adecarcinoma yang menjadikan sakit di bagian dada dan punggung juga mampu mengarah pada efusi pleura , sebuah kondisi menyakitkan yang membuat garis paru-paru menjadi bengkak. Jika Anda mengalami sakit di bagian rusuk yang terus menrus di satu area , Anda harus segara mencari pertolongan.
Seorang andal onkologi dari Rumah Sakit Kanker Modern di Gangzhou , China , mengatakan , bagi Anda yang aktif merokok semenjak lama dan berusia 40 tahun , disarankan untuk melaksanakan pemeriksaan secara rutin. Dan bagi Anda yang memiliki riwayat kanker dalam keluarga , sebaiknya melaksanakan pemeriksaan X-ray setiap 6 bulan sekali.
Sebagai tindak pencegahan , Anda harus menghindari atau mengurangi kebiasaan merokok. Gunakan masker setiap kali Anda bepergian untuk mencegah polusi masuk ke dalam susukan pernapasan.
Semoga informasi ini bermanfaat!
Fitriyani Penulis yang menggemari dunia anak dan concern terhadap info wacana perempuan.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker